3 Manfaat Bubur Tim Untuk Mendukung Tumbuh Kembangnya

Daftar isi konten

Terdapat segudang manfaat bubur terutama bagi bayi yang sedang belajar untuk mengkonsumsi makanan padatnya. Pasalnya rongga mulut pada bayi sedang dalam masa persiapan untuk menerima dan mengunyah makanan yang lebih padat dan saluran pencernaan bayi sedang dalam masa perkembangannya.

Pembuatan bubur tim yang biasa diberikan sebagai makanan pendamping ASI pada bayi dilakukan dengan cara mengolah sumber karbohidrat. Antara lai beras dan beras merah dengan tambahan berbagai macam sayur. Selanjutnya direbus atau ditim dengan agak lama sehingga konsistensinya lunak.

Manfaat Bubur Tim

Bubur tim merupakan sajian yang terbuat dari beras atau yang sudah diolah menjadi nasi sehingga teksturnya menjadi lembut dan lebih lunak dibandingkan yang lainnya. Pada umumnya proses pengolahannya adalah perebusan yang cukup lama sehingga menjadi lebih lembut untuk dikunyah bayi.

Pemberian bubur tim pada masa bayi merupakan salah satu cara apakah buah hati dapat mengenal berbagai macam makanan padat. Serta untuk mempersiapkan mekanisme mengunyah pada rongga mulut dan saluran cernanya.

Membantu Bayi Untuk Menerima Makanan Padat

Salah satu manfaat pemberian bubur pada bayi adalah membantu bayi untuk menerima makanan padat pada usia awal nya yaitu 6 bulan. Dengan pemberian bubur ini maka konsistensi makanan yang awalnya adalah cairan yaitu ASI perlahan-lahan berubah menjadi lebih padat dimulai dari bubur tim.

Dengan demikian rongga mulut dapat mulai bekerja dan secara alami meningkatkan mekanisme untuk mengunyah dan menghaluskan makanan ini. Begitu pun dengan saluran cerna yang mulai beradaptasi untuk mengolah serta menyerap nutrisi yang ada dalam makanan padat.

Menjadi Sumber Energi Untuk Bayi

Biasanya bahan baku pembuatan bubur bayi adalah karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Ibu dapat membuatnya dari beras putih beras merah tepung kentang ataupun tepung jagung sebagai sumber karbohidrat.

Pertambahan nutrisi lainnya sajikan dengan lumatan sayur-mayur atau cairan kaldu ayam dan kaldu daging untuk meningkatkan rasanya agar lebih enak. Jangan tambahkan bahan tambahan apapun termasuk gula dan garam agar bayi merasa belajar merasakan berbagai macam rasa alami pada sumber makanan barunya.

Sebagai Sumber Nutrisi yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Manfaatnya yang lain adalah sebagai sumber nutrisi bagi tubuh bayi. Pasalnya pada saat pembuatan bubur bayi tentu akan ditambahkan berbagai jenis sayuran serta kaldu ayam atau sapi yang banyak mengandung mineral dan vitamin.

Penambahan sayurannya pun biasanya bervariasi sehingga semua nutrisi yang dibutuhkan akan terpenuhi. Misalnya pada hari ini Ibu bisa tambahkan sayuran hijau seperti seperti bayam dan brokoli pada hari selanjutnya ganti dengan labu kuning wortel serta tomat.

Dengan segudang manfaat bubur tim maka ibu harus memperhatikan kesesuaian teksturnya sehingga dapat dikunyah bayi dengan tanpa tersedak. Tingkat-tingkat kehalusannya sehingga gigi geligi bayi yang baru saja berkembang dapat mengunyah nya dengan baik.